Adakah Keutamaan Puasa Sunnah Rajab Mengkhususkan puasa sunnah pada hari dan tanggal tertentu di bulan Rajab tidak ada keterangannya pada hadits hadits yang shahih dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam

Adakah Keutamaan Puasa Sunnah Rajab ?
Mengkhususkan puasa sunnah pada hari dan tanggal tertentu di bulan Rajab tidak ada keterangannya pada hadits-hadits yang shahih dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam.

Tetapi ada sebagian ulama yang menganggap sunnahnya berpuasa pada hari apa saja di bulan rajab berdasarkan dalil umum, yaitu Allah Ta'ala berfirman :

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ

"Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah 12 bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya 4 bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus..." (QS. At-Taubah : 36)

Disebutkan dalam beberapa kitab tafsir bahwa barangsiapa yang beramal shalih pada 4 bulan itu, maka akan dilipat gandakan pahalanya dan barangsiapa yang berbuat dosa juga akan dilipat gandakan dosanya.

Maka jika seseorang ingin berpuasa secara umum, ia diperbolehkan untuk memperbanyak puasa sunnah di semua bulan haram itu, yaitu pada bulan dzulqo'dah, dzulhijjah, muharram dan rajab dan tidak disyariatkan jika berpuasa sunnah hanya mengkhususkannya di bulan rajab saja (apalagi mengkhususkannya pada tanggal dan hari tertentu) karena begitulah amalan para salaf.

Imam Ibnu Rajab rahimahullah berkata :

قد كان بعض السلف يصوم الأشهر الحرم كلها منهم ابن عمر و الحسن البصري و أبو اسحاق السبيعي و قال الثوري : الأشهر الحرم أحب إلي أن أصوم فيها

"Beberapa ulama salaf melakukan puasa di semua bulan haram, di antaranya: Ibnu Umar, Hasan al-Bashri dan Abu Ishaq as-Subai’i. Imam ats-Tsauri berkata : "Bulan-bulan haram, lebih aku cintai untuk dijadikan waktu berpuasa" (Lathaiful Ma’arif hal 213).


✍ Al-Ustâdz Najmi Umar Bakkar
10/06/2019
1 Komen:
Larry Hafid
10-06-2019, 03:29:38
Tapi hadits yg mengatakan bahwa puasa rajab seperti puasa 1000 tahun itu dhaif khan ya Ustadz..?

Tinggalkan Balasan

Tên của bạn *
Email *
Cảm nhận *