Adegan I A Pemilu kali ini kerasa banget polarisasinya Edan

Adegan I
A: Pemilu kali ini kerasa banget polarisasinya. Edan! Di negaramu gimana?
B: Udah dari dulu. Sejak zaman kemerdekaan!
Adegan II
C: Gimana Pilpres di negaramu?
A: Kali ini polarisasinya kerasa banget.
C: Pake bunuh-bunuhan gak?
A: Gak lah!!
C: Itu artinya demokrasi di negaramu bagus!
Keduanya adalah penggalan percakapan pada tahun 2014. Saya adalah si A, sementara B adalah warga Amerika Serikat dan C adalah seorang warga Jepang ahli hukum.
Polarisasi sangat bising sejak Pemilu 2014 dengan media sosial. Melalui percakapan di atas, saya lega karena toh di AS polarisasi sudah lebih dari seabad. Mungkin perbedaan di Indonesia dengan di AS adalah di sana kental dengan perbedaan ideologi liberal melawan konservatif, sementara di Indonesia direduksi menjadi lovers vs haters. Saya tidak mendengar juga kasus bunuh-bunuhan dalam rangka membela capres kesayangan. Ada yang duel di Istora Senayan dan saya dengar ada yang hampir berkelahi di pengajian. Yang marak adalah unfriend dan unfollow di ranah media sosial.
Dua tahun setelah Pemilu, aksi unfriend di Facebook tampak berkurang. Saya duga bukan karena kita lebih terbuka membaca berbagai pandangan politik (atau mungkin lebih tepat lagi calon kesayangan) yang berseliweran di lini masa, tetapi karena kita sudah berhasil membuat sekat-sekat yang cukup sempurna. Terlebih lagi dengan algoritma yang lebih cerdas demi menampilkan tulisan-tulisan yang kita sukai saja di lini masa agar kita lebih betah buka Facebook.
Gambaran suram ‘filter bubble’, yang menjadi lebih ekstrem oleh platform media sosial, yang diangkat oleh the Guardian [1] patut mendapat perhatian. Tim Berners-Lee, si pembuat web, pun berpendapat “They’re not really social networks, they’re silos.” Saya menaruh harapan pada upayanya untuk menjadikan web kembali terdesentralisasi [2]. Untuk sementara, sekarang ini saya masukkan saja semua teman di Facebook (FB) ke daftar Close Friends untuk mengurangi efek dari Filter Bubble (FB).
[1] https://www.theguardian.com/…/how-technology-disrupted-the-…
[2] https://techcrunch.com/2016/07/02/for-everyone/
11/09/2019

Tinggalkan Balasan

Tên của bạn *
Email *
Cảm nhận *