AGAMA SIPIL Doni Riw Wacana menjadikan pancasila sebagai agama sipil yang diseru oleh universitas katolik sanata dharma Yogyakarta sebenarnya bukan hal baru

AGAMA SIPIL
.
© Doni Riw
.
Wacana menjadikan pancasila sebagai agama sipil, yang diseru oleh universitas katolik sanata dharma Yogyakarta, sebenarnya bukan hal baru.
.
Sejak awal berdirinya, nasionalisme memang diciptakan untuk menggantikan agama kristen di eropa.
.
Sebelum nasionalisme lahir, para aristokrat lokal eropa menguasai wilayahnya dengan berkolaborasi bersama gereja.
.
Seiring waktu berjalan, kekuasaan mereka menjadi zalim. Kezaliman mereka menjadikan rakyat eropa gerah dengan sistem negara bercorak agama.
.
Kekecewaan itu berujung revolusi perancis. Mengakhiri sistem kekuasaan gereja. Kemudian menggantinya dengan sistem nasionalisme dan demokrasi.
.
Kekristenan memiliki hal-hal sakral seperti salib, yesus, dan mazmur (nyanyian sakral). Untuk itu, nasionalisme dan demokrasi menyajikan sakralitas baru berupa bendera, lambang negara, dan lagu kebangsaan.
.
Ritual pengibaran bendera sakral diiringi nyanyian suci kebangsaan menjadi ibadah baru.
.
Di dalam sistem agama, salah satu fungsi ibadah adalah sebagai penjaga kelestarian iman.
Pun begitu ritual ibadah agama sipil baru itu. Ia didesain sebagai penjaga kesetiaan pada agama Nasionalisme dan Demokrasi.
.
Pada kasus pancasila memang sedikit berbeda.
.
Pada awal revolusi kemerdekaan, kaum muslim mendesain piagam jakarta (cikal bakal pancasila) sebagai landasan yuridis penerapan syariat Islam. Tetapi desain itu dihancurkan oleh Hatta dengan menghapus 7 kata yang legendaris itu.
.
Maka ketika pancasila lepas dari fungsinya sebagai landasan yuridis atas penerapan syariat Islam, maka saat itu dia justru menjadi agama sipil itu sendiri.
.
Sebagai agama sipil, dia menuntut kesetiaan. Boleh saja orang memeluk suatu agama, selama tidak bertentangan dengan pancasila.
.
Tetapi ketika anda memeluk suatu agama yang menuntut kesetiaan total, menyaingi kesetiaan pada pancasila, maka saat itulah agama anda salah di mata agama sipil pancasila.
.
Maka wacana agama sipil pancasila itu sejatinya bukan hal baru. Kita sudah menjalankannya sejak lama.
.
Jogja 211219
@doniriw
t.me/doniriw_channel
fb.me/doniriwchannel
.
#agamasipil #doniriw
15/02/2020

Tinggalkan Balasan

Tên của bạn *
Email *
Cảm nhận *