Allāh Ta ālā mengatakan di dalam Al Qur an bahwa orang beriman itu bersaudara

Allāh Ta'ālā mengatakan di dalam Al-Qur'an bahwa orang beriman itu bersaudara. Nabi shallallāhu 'alaihi wa sallam bersabda dalam haditsnya bahwa seorang muslim itu saudara bagi muslim lainnya. Belumkah cukup? Persaudaraan itu atas dasar iman dan Islam. Lalu apakah kita mau menyempitkan makna persaudaraan itu di atas selain itu? Di atas golongan atau hizbiyyah meskipun dibumbui dengan istilah 'manhaj'.
Akhirnya yang terjadi, jika ada satu dua hal yang tak sejalan atau ada satu dua hal perbedaan pendapat, maka seakan-akan kita perlakukan ia bukan saudara kita lagi, atas nama 'manhaj'. Tak ada lagi salam, tak ada lagi kalam, tak ada lagi keramahan dan keakraban lagi, dibuang, dilupakan, dan seterusnya. Padahal dahulunya mungkin teman akrab atau mungkin dahulunya adalah gurunya. Guru yang mengajarkannya baca tulis Al-Qur'an dan semisalnya. Seperti itukah praktik 'manhaj' beragama yang benar itu.
Padahal Allāh Ta'ālā berfirman:
مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ ۚ وَالَّذِينَ مَعَهُ أَشِدَّاءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاءُ بَيْنَهُمْ...
"Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka..." [QS. Al-Fath:29]
Begitulah praktik keimanan. Saudaramu yang mungkin salah atau keliru atau terjadi perbedaan pendapat denganmu, tak harus engkau perlakukan layaknya musuh yang nyata seperti yahudi dan nasrani. Seandainya pun terjadi perbedaan pendapat, bisakah disampaikannya atas nama cinta sesama orang yang beriman?
23/06/2019
3 Komen:
Abu Muhammad Ridwan
23-06-2019, 03:29:33
itu akhlak Buruk tanpa Salam Tanpa Menjabat Tangan dan Akhlak Nasehat ustadz subhan Setau ana Walaupun Antum beda Madzhab dan Manhaj Tetaplah Senyum dan salam terhadap saudara Muslimin Selama Kajian salafi InsyaAllah Akhlak Semakin Baik Bukan semakin Buruk begitu Ustadz Barakallahu fiik Ustadz Nasehat Antum
Joe Widyanto
23-06-2019, 03:29:33
Tahdzir
Apip Heryanto
24-06-2019, 03:29:30
Izin share

Tinggalkan Balasan

Tên của bạn *
Email *
Cảm nhận *