Beberapa waktu lalu saya pernah membagi link artikel dari New York Times yg diterbitkan hanya 4 hari sesudah Soeharto lengser

Beberapa waktu lalu saya pernah membagi link artikel dari New York Times yg diterbitkan hanya 4 hari sesudah Soeharto lengser.
Artikel tersebut memprediksi Indonesia pasca jatuhnya Orde Baru akan mengalami 2 hal yakni: Balkanisasi dan kebangkitan Islam politik, dan itu ditulis dengan penalaran yang cukup baik.
Dari kedua prediksi tersebut, yg meleset adalah terjadinya Balkanisasi, namun tidak dengan bangkitnya Islam politik. Sesudah Reformasi yg dilanjutkan dengan Pemilu 1999 yg paling demokratis itu, memang bermunculan berbagai partai bernafas Islam, namun belum menjadi bahan polemik. Bahkan PK sebagai cikal bakal PKS mendapat apresiasi baik dan konstituen yg militan.
Sekarang dua dekade berselang, dengan prediksi presisi tentang bangkitnya politik Islam, terlihat betapa tidak siapnya kita dengan antisipasi2 rasional yang mudah diperhitungkan oleh jurnalis kawakan NYT.
Debat kusir tentang agama yg dibenturkan dgn 'sekularisme' bahkan ada yg terang2an menginginkan kembalinya represi politik identitas/Islam politik a la Orba dalam berbagai isu aktual yg menjadi bahan polemik di media maupun medsos, menunjukkan dengan baik bahwa masyarakat dan elit politik kita sendiri tidak tahu cara mengelola anasir2 politik yang selama ini direpresi.
Jadi kapan kita akan jadi bangsa yg antisipatif dan cerdas belajarnya? Masak kalah presisi dengan jurnalis luar negeri dari NYT? ???
25/06/2020
2 Komen:
Har Wib
25-06-2020, 02:01:17
Dalam demokrasi elektoral bangkitnya Islam politik itu lumrah, karena historisnya Islam politik/ politik Islam bagian dari politik Indonesia pasya-kolonial. Yang membedakannya pada masa sebelum Suharto melengserkan diri: perubahak politik global pasya …See More
Sindhu Pertiwi
25-06-2020, 02:01:17
Oligarki banyak duit dalam mode ekonomi kapitalisme semu memang kombinasi yg paling merusak dan mematikan yg dampaknya ga cuma dirasakan manusia (rakyat terpinggirkan) tapi juga flora fauna. Ga tau sampai kapan situasi kayak gini sedikit membaik.

Tinggalkan Balasan

Tên của bạn *
Email *
Cảm nhận *