Budaya Lokal Jadi Modal Kesejahteraan Rakyat

Budaya Lokal Jadi Modal Kesejahteraan Rakyat
https://www.malang-post.com/…/budaya-lokal-jadi-modal-kesej…
MALANG - Budaya menjadi salah satu konsen yang perlu dinomersatukan dalam pembangunan daerah. Kelestarian budaya menjadi modal penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Inilah yang diyakini bakal calon legislatif (Bacaleg) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Dapil Malang Raya Surya Tjandra.
Hal ini disampaikannya saat menghadiri Festival Budaya Gendang Purnama Ganesha di Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang belum lama ini.
"Saya mengapresiasi inisiatif kreatif warga Karangkates. Banyak hal positif yang dihasilkan dalam kegiatan itu. Salah satu yang penting adalah muncul talenta-talenta warga terhadap seni dan budaya," kata Surya yang langsung membaur di tengah-tengah warga Karangkates dalam festival tahunan tersebut.
Pentingnya melestarikan kebudayaan seperti ini menurut Surya akan menjadi modal penopang ekonomi warga setempat. Karena kegiatan ini juga menjadi sumber pendapatan alternatif bagi warga. Sehingga dapat memberi bermanfaat secara sosial ekonomi seiring banyaknya warga yang menghadiri acara ini. Pria yang juga berprofesi sebagai lawyer ini menerangkan, salah satu permasalahan ekonomi yang muncul dikarenakan tingginya angka pengangguran.
"Malang Raya ini menghadapi masalah besar terkait pengangguran muda dan kesejahteraan warga. Upaya yang dilalukan warga Karangkates ini bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain untuk mulai keluar dari masalah tersebut," tambah lulusan Universitas Leiden Belanda ini.
Dijelaskannya, Festival Budaya Gendang Purnama Ganesha digelar di Desa Karangkates, ini sudah dilaksanakan kali ketiga. Kegiatan budaya ini diselenggarakan untuk mempromosikan situs arkeologi arca Ganesha berdiri yang ada di desa tersebut.
"Kami senang sekali kalau bisa terlibat," pungkas Surya, di sela-sela riuh suara warga yang bernyanyi dan menari di Taman Ganesha Bhakti Pertiwi tepat di sebelah situs Ganesha.
Sekretaris Panitia Gendang Purnama Ganesha April Suprayogi menjelaskan, kegiatan tidak hanya sebatas pawai budaya saja, ada juga sarasehan budaya sebagai media komunikasi warga dengan pihak terkait seperti pemerintah, akademisi maupun pemerhati budaya.
Turut hadir hadir pembicara sarasehan budaya antara lain arkeolog Dwi Cahyono yang juga Dosen Universitas Negeri Malang, Ki Deman, budayawan Kampung Budaya Polowijen, Redi Eko Prasetyo Penggagas Kampung Cempluk dan Presiden Jaringan Kampung Nusantara Yongky Irawan dan yang lainnya.
"Sarasehan kebudayaan ini untuk menggali kearifan lokal untuk bisa didayagunakan sebagai sarana mengangkat ekonomi kreatif masyarakat, dan mempertahankan seni tradisi yang ada," pungkasnya. (ica/red/aim)
#NgalamBois
07/07/2019
4 Komen:
Sugeng Wahyudi
07-07-2019, 03:15:46
Keren Mas
Bank Jack Otw All
07-07-2019, 03:15:46
Juooosss pak browww...Sorry g' bisa ngawal
Caesar Hanindyoputro
08-07-2019, 03:15:43
mnta kaose saaaaaam
Purwadi Adi
08-07-2019, 03:15:43
Mantap... Suksek selaluKedepan tambah lebih maju..

Tinggalkan Balasan

Tên của bạn *
Email *
Cảm nhận *