Sebuah rumusan Berkata al imam al ghazali Rakhimahullahu Ta ala

Sebuah rumusan
Berkata al imam al ghazali Rakhimahullahu Ta'ala
Dalam Kitab Ihya Ulumuddin, bahwa "rakyat rusak gara-gara penguasa rusak; penguasa rusak gara-gara ulama rusak; dan ulama rusak karena terjangkit penyakit cinta kedudukan dan cinta harta". Maka, jika umat Islam saat ini mengeluhkan kerusakan penguasa, kita perlu berkaca kepada diri kita, bagaimana dengan kondisi ulama-ulama kita; atau orang-orang yang saat ini diposisikan sebagai ulama? Bagaimanakah kualitas keilmuan dan akhlak mereka? Apakah mereka cinta jabatan dan harta?
Politik memang masalah penting. Problema politik umat merupakan masalah yang sangat serius. Tetapi, problematika keilmuan dan akhlak merupakan masalah yang lebih mendasar, sehingga solusi dalam bidang politik, tidak dapat dicapai jika kerusakan dalam bidang yang lebih mendasar itu tidak diselesaikan terlebih dahulu. Al-Ghazali dan para ulama di zamannya berusaha keras membenahi cara berpikir ulama dan umat Islam serta menekankan pada pentingnya aspek amal dari ilmu, sehingga jangan menjadi ulama-ulama yang jahat.
Sebab, ilmu yang rusak, dan ulama yang buruk, adalah sumber kerusakan bagi Islam dan umatnya. Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wa Sallam memberi amanah kepada para ulama untuk menjaga agama ini. Tentu saja, itu harus mereka lakukan dengan cara menjaga keilmuan Islam dengan baik. Bahkan, Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Sallam mengingatkan akan datangnya suatu zaman yang penuh dengan fitnah dan banyaknya orang-orang jahil yang memberi fatwa.
Sumber:Dr Adian husaini,Pendidikan Islam "Mewujudkan Generasi Gemilang Menuju Negara Adidaya 2045" ( kompilasi pemikiran pendidikan)hlm 209-210
Catatan akhlaq disini umum
15/03/2019
2 Komen:
Danisblambangan
15-03-2019, 02:04:04
Sepertinya antum hadir nih waktu ada kajian bukunya di insist...
Abu Wardah Saman
15-03-2019, 02:04:04
Semua ber sumber dari rakyatnya sendiri... !

Tinggalkan Balasan

Tên của bạn *
Email *
Cảm nhận *