SEDANG SHALAT SUNNAH IQAMAT DIKUMANDANGKAN

☆《 SEDANG SHALAT SUNNAH, IQAMAT DIKUMANDANGKAN 》☆
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Jika iqamat sudah dikumandangkan (shalat berjama'ah dimulai) maka tak ada shalat apapun selain shalat wajib". [HSR. Muslim no.710 dan lain-lain]. Atas dasar ini maka Ulama menetapkan:
1) Jika dia masuk masjid untuk shalat berjama'ah, dan dia belum memulai shalat sunnah, sementara shalat berjama'ah sudah mulai ditegakkan, maka dia tak boleh shalat sunnah dan harus ikut shalat berjama'ah bersama imam tersebut.
Dalil masalah ini disamping hadits di atas, juga didukung oleh hadits berikut, dari ‘Abdullah bin Sirjis radhiallahu ‘anhu mengisahkan:
.
"Suatu ketika datang seorang laki-laki masuk ke dalam masjid, sementara Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tengah mengerjakan shalat shubuh (berjama'ah). Lalu lelaki tadi, ia shalat (sunnah) dua raka'at di samping (serambi) masjid. Ia ikut bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika selesai mengerjakan shalat (shubuh berjama’ah tersebut), Rasulullah shallallahu ‘alihi wa sallam bersabda: “Hai Fulan, sebenarnya shalat apa yang kamu inginkan. Shalat sendirian atau shalat bersama kami (berjama'ah)". [HSR. Muslim no.712]
Ketetapan ini juga merupakan kesepakatan pendapat dari empat Mazhab Hanafi (Al Bahrur Raa’iq I:267), Maliki (Mawaahibul Jalil II:406), Syafi'i (Al Mamu’ IV:212), dan Hambali (Al Mughni I:329). 2) Jika ditengah-tengah dia sedang shalat sunnah, lantas tiba-tiba iqamat didengungkan dan shalat berjama'ah siap ditegakkan.
Wallahu'a'lam.
.
Repost:@salaf.ittiba
17/05/2020

Tinggalkan Balasan

Tên của bạn *
Email *
Cảm nhận *

Artikel berkaitan